AD (728x60)

Featured Post (TOP)

Flickr Images

Contact Form

Name

Email *

Message *

Recent Posts

Sunday, August 3, 2014

Mobil dan Pengemudi, Buku dan Pembaca (Sebuah Misi Rahasia)

Share & Comment


Oleh : Sheijiro

Ada dialog dalam film Transformer yang menarik, yaitu pada saat Sam akan membeli mobil. Sang penjual mengatakan bahwa, “bukan pengemudi yang memilih mobil, tetapi mobillah yang memilih pengemudinya, ada kekuatan magis antara mobil dan pengemudinya”. Akhir kisah Sam membeli mobil yang kelak disebut Bumblebee. Petualangan pun dimulai. Tentunya dalam pemilihan Sam tersebut ada tujuan tersendiri kenapa Bumblebee ingin Sam yang mengemudinya. Rupanya, ada misi rahasia di dalamnya.

Ini adalah cerita fiksi yang mungkin tak akan terjadi dalam kehidupan nyata, tapi dari adegan tersebut, tiba-tiba saya mendapat sebuah ide. Mungkin benar bahwa mobil itu adalah benda mati, yang bergantung kepada pengemudinya, dia tidak mempunyai daya untuk memilih. Justru sebaliknya, pengemudilah yang memilih mobil, bukan mobil memilih pengemudi. Tapi tentang kekuatan magis itu mungkin saja ada, tentang siapa yang memilih dan dipilih.

Bila diibaratkan kepada buku dan pembaca, pada saat pergi ke toko buku untuk mencari sebuah buku, pada saat itu seakan-akan pembacalah yang mempunyai kuasa untuk membaca. Jika seandainya kekuatan magis itu ada, maka sebenarnya yang terjadi adalah bukulah yang memilih pembaca, bukan pembaca yang memilih buku. Tampaknya hal itu pun terjadi, tidak semua pembaca bisa membaca semua jenis buku. Ada beberapa jenis buku tertentu yang tidak akan sanggup dibaca oleh pembacanya, yang pada akhirnya ketika dia mulai membaca judul, berlanjut pada daftar isi, kata pengantar dan BAB 1, pembaca tersebut sudah menyerah. Mungkin inilah kekuatan magis tersebut sehingga benar-benar hanya pembaca tertentu saja yang bisa menikmati tulisan dalam buku tersebut, yaitu pembaca yang dipilih oleh buku tersebut.

Kembali lagi kepada film Transformer tadi, ternyata ada alasan pula mengapa Bumblebee memilih Sam untuk menjadi pengemudinya, karena dia memegang peranan penting dalam kunci mencari cube. Ada tujuan khusus sehingga hanya Sam sajalah yang dipilih.

Maka sebenarnya dalam sebuah buku itu terdapat tujuan khusus yang ditujukan sang pembuat buku (penulis) kepada bukunya untuk bisa menentukan pembacanya. Tentunya tidak semua pembaca yang memenuhi kriteria dalam misi buku tersebut, sehingga buku tersebut akan terus mencari dan mencari pembaca yang tepat untuk dapat melancarkan misinya.

Jika dalam film hanya Sam saja yang terpilih untuk bisa mengendarai Bumblebee dan menutup kemungkinan pengemudi lain untuk bisa mengendarai, tapi dalam buku hal tersebut tidak berlaku. Memang ada kriteria yang sudah ditetapkan buku kepada pembacanya yang bisa memahami misinya tersebut. Tetapi kriteria tersebut rupanya bukan selalu bawaaan lahir saja, artinya ini bisa diperoleh. Ada kesempatan untuk bisa merasakan misi apa yang sebenarnya sedang dijalankan oleh buku tersebut.

Membaca sebuah buku artinya sedang mengajak pikiran untuk berdialog secara tidak langsung dengan sang penciptanya (penulis) lewat buku tersebut. Semakin banyak seseorang berdialog dengan para pencipta buku maka akan menaikan kapasitasnya dan juga jam terbang dalam menjalankan misi, sehingga para pencipta buku akan kenal dan makin terbiasa dengan pembaca tersebut, dan akhirnya untuk misi-misi yang khusus pembaca tersebut akan dinaikan tingkatan kelasnya. Sehingga dalam buku-buku yang mempunyai misi khusus dia bisa memahaminya dan menjalankan misi rahasia yang tersimpan didalamnya. Itulah kekuatan magis yang ada dalam buku, yang membuat buku bisa memilih pembacanya, karena tidak semua pembaca sanggup menjalankan misi yang ada dalam buku.

Siapkah kita dengan misi baru kita ?
Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

0 comments:

 
@2016 | Powered By Bintang Book Corner