AD (728x60)

Featured Post (TOP)

Flickr Images

Contact Form

Name

Email *

Message *

Recent Posts

Saturday, December 17, 2016

Mendekatkan Buku Melalui Piknik Buku

Share & Comment

Aneka buku ditata di sebuah bangunan warung yang terbuka. Tidak menunggu waktu lama, satu persatu anak-anak usia sekolah dasar berdatangan melihat-lihat beragam buku cerita yang dipajang, beberapa anak melihat dengan ragu-ragu, beberapa lainnya langsung mengambil buku yang dipajang dan membawanya ke terpal yang dihamparkan tidak jauh dari warung tersebut, kemudian duduk dan membaca buku yang dibawanya. Kadang terdengar mereka berseloroh:

“Perpustakaannya jadi pindah ke sini?”
PiknikBuku BBC di Singaraja

Kegiatan yang diberi nama Piknik Buku tersebut merupakan agenda rutin Bintang Book Corner atau lebih akrab disebut BBC Indramayu. Biasanya, kegiatan Piknik Buku dilakukan di ruang-ruang terbuka publik seperti taman kota atau sport center. Beberapa kali juga BBC menggelar Piknik Buku di halaman rumah orang maupun sekolah. Namun pada Ahad (4/12) lalu, agenda Piknik Buku yang berjalan sejak tahun 2014 itu mengambil tempat di bangunan warung kosong dekat sekretariat BBC di Desa Singaraja.

“Alhamdulillaah dapat pinjaman tempat buat piknik”, ujar relawan BBC.
 
Adik-adik antusias melihat buku


Piknik Buku hari itu mulai digelar pada pukul 07.30 WIB dan diakhiri pada pukul 10.30 WIB. Anak-anak antusias melihat-lihat buku, meminta untuk dibacakan dongeng, mewarnai dan bermain games yang ada di buku. Hingga saat para Rangers (relawan BBC, red) mulai membereskan buku-buku sebagai tanda berakhirnya Piknik Buku hari itu, anak-anak masih antusias dan mengikuti para Rangers ke sekretariat BBC yang berlokasi di dekat tempat Piknik.

BBC Indramayu merupakan sebuah komunitas taman bacaan masyarakat yang bertujuan memberikan kemudahan akses buku kepada masyarakat. Salah satu cara yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah melalui Piknik Buku.



Meski sempat vakum selama beberapa bulan, Piknik Buku kemarin mendapt sambutan meriah dari anak-anak di sekitar Desa Singaraja. Bagi para Rangers, Piknik Buku kemarin adalah pengobat rindu dan pemantik semangat untuk terus berikhtiar mendekatkan buku ke hati anak-anak.(Ks)
Tags: , , , ,

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

0 comments:

 
@2016 | Powered By Bintang Book Corner