AD (728x60)

Featured Post (TOP)

Flickr Images

Contact Form

Name

Email *

Message *

Recent Posts

Saturday, January 9, 2016

Peter di #PiknikBuku10

Share & Comment


Selamat siang teman! Orang-orang biasa menyebutku buku. Jadi kamu pun boleh menyebutku demikian. Namaku The Tale of a Naughty Little Rabbit, duh namaku panjang banget ya... Tenang aja, biar mudah diingat, kamu boleh manggil aku Peter. Rumahku di BBC atau Bintang Book Corner. Sebenarnya aku nggak sendiri sih tinggal di sana. Aku tinggal di BBC bersama teman-teman buku lainnya. Kami berjumlah sekitar 400 buku. Aku sendiri tergolong buku anak. Jumlah teman-temanku sesama buku anak sekitar 200 buku. Kalau kamu mau main ke rumahku boleh kok, catet alamatnya ya... Blok Pulo No 099 RT 10 RW 03 Desa Singaraja Kecamatan Indramayu

.
Semua asik membaca aku dan teman-temanku

Siang ini aku mau cerita nih tentang pengalamanku sepekan lalu (3/1) bersama teman-teman buku anak lainnya. Jadi kemarin itu pagi-pagi sekali sekitar pukul 08.00 pagi, para ranger BBC (kami sering mendengarnya begitu) membawa kami ke acara Piknikbuku10. Namun hari itu tumben banget aku nggak dinaikkan ke motor Rangers seperti biasanya. Ada 2 orang yang mengangkut 2 box dan satu dus kami hanya dengan berjalan kaki hingga tempat acara. Wah keren juga tuh rangers. Sampai di tempat acara kami bersorak gembira melihat ada begitu banyak anak-anak.

Kami disimpan di teras rumah Ibu Ebah, tuan rumah yang selalu menyambutku dan teman-teman, juga para Rangers BBC dengan begitu ramah. Aku perhatikan para Rangers begitu sibuk banget. Ternyata PiknikBuku kali ini ada yang berbeda. Ada lomba mewarnai dan lomba menggambar. Pesertanya anak-anak TK dan SD. Ada Ranger yang mengabsen peserta, ada yang memasang spanduk, ada yang gelar karpet dan tikar, ada juga yang ke sana ke mari mencari tali rapia. Peserta lomba yang sudah diabsen mulai menempati tikar-tikar yang telah dipasang. Mereka siap berlomba, mereka tampak membawa pensil warna, crayon, spidol warna warni. Ada juga dari mereka yang membawa meja kecil sebagai alas.

Wah ada yang berjalan kearahku, dia semakin dekat. Dua rangers berkerudung itu mulai membuka box dan menggelar kami di teras rumah bu Ebah. Waah senangnya! Akhirnya aku bisa menghirup udara segar juga nih. Aku dan teman-temanku langsung diserbu anak-anak. Mereka memilih kami dengan acak, kadang kami diambil untuk kemudian diletakkan kembali. Lalu datang lagi anak yang lain mengambil dan mulai membuka halaman demi halaman, ada yang mengambil buku lalu mencari tempat yang nyaman untuk mengobrol dengan kami, ada yang mengambil salah satu buku kemudian berlari ke arah ibunya, menunjukkan gambar-gambar kami. Tak sedikit juga yang mengajak kami ber-selfie atau ber-wefie. Ada juga ranger yang menceritakan kisah kami kepada anak-anak. 

Seperti di Piknikbuku10 ini. Ranger Eka menceritakan kisahku dalam Bahasa Indramayu. Wow! Setelah sebelumnya aku diceritakan dalam Bahasa Indonesia, hari ini cukup berbeda, aku mengenal Bahasa Indramayu. Bahasa di mana aku tinggal sekarang. Anak-anak juga sangat antusias mendengarkan. Thank you ya Ranger Eka. Kamu keren!

Apapun perlakuan anak-anak atau orang dewasa, kami cukup berbahagia. setidaknya kami diajak bicara saat para Rangers BBC berkegiatan di PiknikBuku (karena aku paling nggak suka dicuekin). Nah teman-teman, jarum jam sudah menunjukkan pukul 09.00 WIB. Para pedagang pun sudah meramaikan tempat ini. Semua peserta sudah diabsen dan Ranger mengumumkan tentang tema menggambar hari ini yaitu tentang “sekolahku”. Sedangkan peserta mewarnai duduk di dekat kami, dan mereka sudah memegang gambar yang siap diwarnai dengan pensil warna yang sejak pagi mereka bawa.

Tiba-tiba di sini hening. Aku masih memperhatikan para Ranger. Ada yang ke sana ke mari bersama kameranya, ada yang mewarnai seperti peserta lomba, ada yang memindahkan posisi spanduk, ada juga yang mulai mendekati para pedagang. Selain itu ada juga beberapa orang tua anak-anak yang ikut memperhatikan jalannya lomba. Tiga puluh menit berlalu, namun belum ada yang mengumpulkan hasil karyanya. Tenanglah anak-anak, Rangers bilang menggambarnya satu jam. Aku berada dekat dengan salah satu peserta lomba mewarnai yang cantik, rambutnya diikat, memakai kaos biru dan celana hitam motif putih. Anak ini begitu santai, sesekali memperhatikan peserta lain, namun tak bersuara, dia memandang ke sekitar cukup lama, lalu diam kemudian melanjutkan proyek mewarnainya. 

Lima puluh menit berlalu. Para peserta yang sudah mengumpulkan karyanya menerima tantangan dari Ranger Intan untuk menceritakan hasil menggambar mereka, siapa saja yang berani bercerita akan diberi hadiah. Namun sayang saat itu aku lihat anak-anak masih malu-malu untuk tampil bercerita. Akhirnya Ranger menawarkan hadiah lain bagi anak-anak yang paling cepat menyelesaikan  membaca satu buku saat itu juga. Dan... tanpa ba-bi-bu lagi, aku langsung diserbu anak-anak.  Semuanya begitu cepat. Mereka mengambil kami secara acak dan langsung membacanya dengan amat cepat. Ah saat itu suasananya sangat berisik, mereka membaca dengan bersuara. Hanya hitungan 5 menit beberapa anak sudah berlari ke Rangers. Namun karena ada banyak anak yang selesai membaca satu buku di waktu yang bersamaan, maka Rangers menyuruh mereka untuk menceritakan kisah kami. Lagi-lagi mereka diam, namun Ranger Intan berhasil mengajak 2 anak bercerita, yaitu Farkhan dan Rizky dan mereka berdualah yang akhirnya mendapatkan hadiah tantangan ini. 

Sementara di sini sedang asyik bercerita, diujung sana para juri pun sedang sibuk menilai hasil karya para peserta. Ada juga beberapa anak yang tidak bergabung dilingkaran tantangan bercerita itu, anak-anak TK cenderung asyik dengan kami di sini, di teras rumah Ibu Ebah. Kamu tahu tidak aku sekarang di mana? Aku lagi ngobrol dengan anak berbaju biru yang aku ceritakan tadi. Anak ini tak melewatkan satu huruf pun dari halaman aku, aku terus diajaknya bicara halaman demi halaman. Dia sangat menyukai gambar-gambarku. Saat aku berlari dikejar-kejar Mr. MCGregor sang pemilik kebun, sepatuku lepas. Dan anak menggemaskan ini selesai juga di halaman akhir saat ibuku menyuruhku tidur lebih awal dan memberiku makan malam hanya sesendok penuh teh kamomil untuk mengobati perutku yang sakit.

Asiknya #PiknikBuku10

   
Matahari semakin tinggi. Rangers mengumpulkan peserta lomba yang berjumlah 45 anak. Tepat saat salah satu peserta menerima jajanan dari pedagang, Ranger mengumumkan para Juara Lomba Mewarnai dan Menggambar. Juara 1 Mewarnai diperoleh Bara, sedangkan Pemenang Lomba Menggambar adalah Aura. Sorak tepuk tangan meriuhkan tempat ini. Kemudian mereka semua berfoto bersama. Peserta lomba dan para Rangers BBC juga Bu Ebah. Setelah berfoto, mereka merapihkanku kembali dan membawaku pulang ke BBC. 

Kabar gembira, aku pulang bersama 2 dus teman baruku. Ada Batur BBC yang memberikan bukunya. Aku lihat ada banyak buku anak dan juga novel. Penghuni baru BBC ini dikirim oleh Kak Satria Averous dan Ratih Kartika. Aku seneng banget nanti di rumah bakal semakin banyak temen. Terima kasih banyak ya kak Satria dan Kak Ratih. 

Oke deh, kayanya ceritaku cukup sekian. Sampai ketemu lagi di #Piknikbuku11 ya! Kapan? kepoin terus FB BBC yak! See you! Have a great day. (YN)
Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

3 comments:

Bang Doel said...

Kegiatannya makin banyak aja ya BBC, sukses terus, dan terus menebar manfaat.

Btw, templatenya masih belum diperbaiki ya :)

Atin MS said...

Aku mau ikut gabung boleh ka? Seneng banget rasanya jika bisa bersama2 menumbuh kembangkan budaya literasi yg masih minim,apalagi buat anak2. Supaya ketika dewasa nnti tidak terhitung lgi berapa buku yg sudah mereka baca dan dampak wawasan yang luas karna buku.

Atin MS said...

Aku mau ikut gabung boleh ka? Seneng banget rasanya jika bisa bersama2 menumbuh kembangkan budaya literasi yg masih minim,apalagi buat anak2. Supaya ketika dewasa nnti tidak terhitung lgi berapa buku yg sudah mereka baca dan dampak wawasan yang luas karna buku.

 
@2016 | Powered By Bintang Book Corner